LG Nexus 4 Spesifikasi mewah terbaru 2018

LG Nexus 4 mungkin menjadi ponsel Android yang paling diburu sekarang ini. Hal ini terlihat dari setiap penjualan yang diklaim selalu habis, baik dari sisi Google atau LG. Memang sebagus apa sih ponsel ini?

Wajar saja rasanya jika seri Nexus selalu diburu para pengguna Android. Pasalnya, gadget ini memang menjadi 'anak emas' Google yang selalu mendapat kesempatan mencicipi teknologi terbaru Android. Dan Nexus ini biasanya dibuat oleh beberapa produsen yang berbeda.

Awalnya ponsel Android Nexus dibuat oleh HTC, kemudian berlanjut ke Samsung dengan Nexus S dan Galaxy Nexus. Tapi kini Google mempercayakan ponsel jagoannya itu dibuat oleh LG yang di dunia Android tidak setenar HTC atau sebesar Samsung.

Pun begitu, bukan berarti produsen asal Korea Selatan ini tak mampu membuat produk mumpuni. Hal itu mulai dibuktikan dengan kemunculan LG Nexus 4 dengan spesifikasi serta harga yang menggiurkan, dan pastinya telah menjadi 'anak emas' Google yang baru.

Seperti apa buah tangan LG tersebut? Simak reviewberikut ini.

Biasanya produk kelas atas dari suatu vendor akan dikemas dalam bentuk yang cukup mencolok. Entah warnanya yang nyentrik, bodi unik, atau hal-hal lain yang menggambarkan bahwa itu adalah ponsel premium. Tapi kesan tersebut rasanya tak terpancar di LG Nexus 4.

Secara keseluruhan ponsel ini terlihat simpel dengan dominasi warna hitam. Di bagian belakang dibuat becorak hologram dengan tulisan Nexus dan LG. Sedangkan bagian samping dan sekelilingnya dibuat dari sejenis bahan plastik yang tidak licin di tangan.Di atasnya diselipkan bezel berlapis chrome untuk mempermanis tampilan secara keseluruhan. Meski terkesan sederhana namun LG Nexus ini punya bodi yang tergolong baik. Kokoh dan solid, itu yang dirasakan saat menggenggam ponsel berbasis unibody ini. Dan khusus di bagian belakang sudah dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass agar tahan gores. Cukup menarik bukan?

Saat digenggam, LG Nexus 4 ini juga terasa berbeda dari generasi sebelumnya, terasa lebih lebar dengan tepian layar juga terlihat semakin dipersempit. Jadi wajar saja jika resolusi layar Nexus 4 ini makin lebar dari seri sebelumnya.

Dengan berat tak lebih dari 139 gram dan ketebalan 9,1 mm, LG Nexus 4 masih tergolong nyaman saat ditaruh di dalam saku celana. Pun demikian ketika dipakai dengan satu tangan ukuran seorang pria, hampir semua fiturnya bisa dipakai tanpa masalah. LG Nexus 4 ditenagai chip Snapdragon S4 yang di dalamnya sudah terdapat prosesor 4 inti 1,5 GHz dan GPU Adreno 320. Ini adalah chip paling mutakhir Qualcomm.

Chip tersebut sukses membuat ponsel ini melesat, tidak ada gejala lag sama sekali saat menggunakan ponsel ini untuk berbagai keperluan. Membuka browser hingga beberapa tab, bermain game kelas berat, semua bisa dilakukan dengan mudah dengan LG Nexus 4.

Termasuk saat ponsel ini 'disiksa' dengan aplikasi benchmark, Nexus 4 berhasil memperoleh angka yang mengesankan. walau secara keseluruhan performanya masih di bawah ponsel berbasis Nvidia Tegra 3 seperti HTC One X.

Di Quadrant, LG Nexus 4 berhasil memperoleh skor 3896, sementara HTC One X unggul dengan angka 5970. Kejadian serupa juga ditemukan saat pengujian CPU AnTuTu Benchmark dengan perolehan 6473, di sini One X tembus 7452. Memory RAM 2 GB yang diusung LG Nexus 4 juga tak terlihat banyak membantu. Hal ini dilihat dari hasil benchmark yang berhasil disamai oleh HTC One X yang dengan RAM 1 GB.

Untungnya sistem operasi Android 4.2 yang digunakan tidak rakus memori, sehingga mampu mendongkrak perfoma LG Nexus 4 secara keseluruhan.

Meski demikian, GPU Adreno 320 yang diusung Nexus 4 memang patut diacungkan jempol dengan performa rata-rata lebih baik di kelasnya, hampir skornya nyaris dua kali lipat dibanding GPU ULP GeForce besutan Nvidia.

Hal ini yang secara umum membuat LG Nexus 4 unggul di AnTuTu Benchmark ketika melawan HTC One X.

Saat GPU LG Nexus 4 dipacu dengan NenaMark 2 hasilnya juga cukup memuaskan dengan rata-rata 59,4 FPS. Sebagai catatan, di sini HTC One X hanya sanggup meraih 54,4 FPS.